MICROSOFT OFFICE DI UBUNTU

PERTANYAAN TENTANG MICROSOFT OFFICE DI UBUNTU



Hi Teman-teman sekalian, dalam website ini saya akan mencoba menjawab pertanyaan tentang apakah microsoft office dapat berjalan di ubuntu?atau dalam istilah lain microsoft office on ubuntu. pada dasar Microsoft office tidak tersedia dalam versi Linux khususnya versi ubuntu. Saya telah membaca beberapa artikel dari forum/group Microsoft office (https://answers.microsoft.com).

Banyak yang menyatakan bahwa microsoft office tidak support untuk versi ubuntu. Tentu saja hal ini akan membuat kecewa beberapa pengguna yang sudah terbiasa dengan Microsoft office. Pada dasarnya microsoft office itu tersedia untuk OS microsoft seperti Windows, tetapi untuk OS Mac Sudah tersedia.

PROGRAM YANG DAPAT MENJALANKAN MICROSOFT OFFICE DI UBUNTU



Banyak pengguna yang menggunakan Linux sebagai OS karena dianggap aman dari Virus bila dibandingkan dengan OS Windows. Jadi tak heran dari beberapa pengguna menginginkan agar Microsoft Office dapat berjalan di Linux.

dan beberapa perkantoran yang menggunakan sistem operasi linux sebagai basis komputer Sistem operasi dan mengharapkan microsoft office berjalan di Linux (Ubuntu).

saya mencoba untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan tentang Microsoft office untuk ubuntu melalui mesin pencari seperti google, bing dan lain-lain. Dan saya menemukan beberapa jawaban dan pada intinya adalah sama metode dan solusinya. Solusi itu adalah dengan menggunakan program di dalam ubuntu yang dinamakan “Wine”.

Seperti di dalam operasi windows, Microsoft Office harus di install terlebih dahulu jika akan digunakan. Maka proses selanjutnya setelah “Wine” di install adalah menjalankan program “Wine” dan melakukan proses Installasi Microsoft Office dalam program tersebut.

Sebagai catatan saat saya melakukan proses Menjalankan “Wine”, tidak ada masalah sama sekali, tetapi saat proses installasi Microsoft office di Ubuntu dalam program Wine berjalan, kemudian muncul notifikasi error.

Hal ini tidak saja membuat saya bingung tetapi juga putus asa untuk mencari solusi tentang (microsoft office on ubuntu, microsoft office for linux ubuntu atau bagaimana cara installasi microsoft office on ubuntu).

Memang tidak semua jawaban pasti akan terselesaikan dari beberapa referensi dari mesin pencarian dimana dari beberapa referensi memang diklaim sudah terbukti berhasil yang disertai dengan video.

Setelah putus asa dengan metode yang saya dapatkan dari internet, kemudian tiba-tiba muncul sebuah pertanyaan di benak saya. Mungkin ada yang salah atau berbeda untuk versi dari sistem operasi Ubuntu.

Kemudian saya mencari tahu versi Ubuntu yang saya gunakan di komputer saya. Dan ternyata versi sistem Operasi Ubuntu di komputer saya menggunakan versi di atas 19. dan memang benar saat saya mencoba melihat review dari “Wine” untuk versi yang terbaru tidak dapat berjalan dengan baik. Dan sudah pasti langkah selanjutnya adalah membuang program “Wine” yang telah terinstall.

APAKAH ADA PENGGANTI “PROGRAM WINE” AGAR DAPAT MENJALANKAN MICROSOFT OFFICE DI UBUNTU?

Tentu saja untuk masa kini, apapun yang di buat oleh manusia pasti akan dapat dilakukan dan jawabannya adalah “Iya”. Kecuali sesuatu yang sudah dibuat oleh Tuhan, Manusia tidak akan mampu membuat ataupun menyamai apa yang dibuat oleh Tuhan. Kembali ke hal yang berhubungan “Microsoft di Ubuntu”, saya telah menemukan program yang dapat menginstall dan menjalan Microsoft Office di ubuntu. Dan program tersebut di namakan “Play On Linux”.

Dan sebagai informasi bahwa saya mengunakan “play on linux” untuk menjalankan Microsoft Office di Ubuntu dengan tujuan hanya sebagai pembelajaran. Dan Microsoft Office di ubuntu yang saya gunakan adalah menggunakan versi trial (bukan full versi). Ok, langkah awal adalah menginstal program Play On Linux di system Operasi Ubuntu, Kemudian menjalankannya. Setelah Program Play On Linux berjalan, langkah selanjutnya adalah menginstall Microsoft Office di dalam Program Play On Linux. Dan untuk secara detailnya perhatikan langkah-langkah dibawah ini:

METODE UNTUK MENGINSTAL MICROSOFT OFFICE DI UBUNTU?

  1. Lakukan proses install untuk program Play On linux, untuk proses installasi yang saya lakukan adalah dengan menggunakan program Terminal.

  2. Setelah Proses Instalasi PlayonLinux selesai, kemudian pastikan anda sudah mempunyai File MS. Office baik versi Trial ataupun Full Versi (Beli). Jika anda tidak mempunya file MS. Office anda dapat mencari dan mendownloadnya di internet.

  3. Kemudian jika PlayonLinux sudah terinstall dan Microsoft Office sudah tersedia, maka sekarang jalankan program PlayonLinux dan pilih menu jenis aplikasi yang akan di install, dalam hal ini kita pilih (Office).

  4. Kemudian Pilih versi Microsoft Office yang hendak anda install, kemudian ikuti proses selanjutnya sampai proses instalasi selesai.

  5. Setelah selasai, maka dalam menu PlayonLinux akan muncul Icon-Icon Microsoft Office seperti yang terinstall dalam Windows.

  6. Untuk menjalankannya Pilih salah satu product microsoft office seperti (MS. Excel, MS. Powerpoint, MS. Word dll), kemudian klik Run, maka akan muncul Aplikasi microsoft office dilayar anda.

Demikian Tutorial mengenai cara menginstall MICROSOFT OFFICE DI UBUNTU, sampai berjumpa di artikel saya berikutnya.

Comments